Pengertian Firewall

Pengertian Firewall adalah sebuah sistem yang dirancang untuk mencegah adanya akses yang tidak sah ke atau dari jaringan pribadi . Anda dapat menerapkan firewall baik dalam bentuk hardware atau bentuk perangkat lunak, atau kombinasi keduanya . Fungsi Firewall adalah mencegah pengguna internet yang tidak sah mengakses jaringan pribadi yang terhubung ke Internet , khususnya intranet . Semua pesan yang masuk atau meninggalkan intranet (yaitu , jaringan lokal yang terhubung dengan komputer Anda) harus melewati firewall . Fungsi Firewall lainnya adalah jika ada pihak lain yang ingin mengakses informasi pribadi atau mengubah situs Web anda akan di blokir oleh Firewall.

Firewall, pada dasarnya bekerja sama dengan program router yang memeriksa setiap paket jaringan supaya dapat  menentukan apakah akan maju ke arah tujuannya. Firewall juga bekerja dengan proxy server yang membuat permintaan jaringan atas nama pengguna workstation. Komputer yang dirancang khusus terpisah dari sisa jaringan sering diinstal Firewall, sehingga tidak ada permintaan yang masuk bisa langsung pada sumber daya jaringan pribadi.

Beberapa jenis firewall :

Packet filtering : Sistem ini memeriksa setiap paket yang akan memasuki atau meninggalkan jaringan dan menerima atau menolaknya berdasarkan aturan yang ditetapkan pengguna . Packet filtering cukup efektif dan transparan bagi pengguna , tetapi sulit untuk mengkonfigurasi . Selain itu, rentan terhadap IP spoofing .

Firewall

Circuit-level gateway implementation: Proses ini berlaku mekanisme keamanan ketika TCP atau UDP koneksi dibuat. Setelah sambungan telah dibuat , paket dapat tersambung ke host tanpa memeriksa lebih lanjut.

Acting as a proxy server: Sebuah server proxy adalah jenis gerbang yang menyembunyikan alamat jaringan sebenarnya dari komputer.  Sebuah server proxy terhubung ke Internet , membuat permintaan untuk halaman , koneksi ke server , dll , dan menerima data atas nama komputer  di belakangnya . Kemampuan firewall terletak pada fakta bahwa proxy dapat dikonfigurasi untuk mengizinkan hanya jenis lalu lintas tertentu untuk bisa lulus ( misalnya , HTTP file , atau halaman web ) . Sebuah server proxy memiliki kelemahan potensi perlambatan kinerja jaringan , karena harus secara aktif menganalisis dan memanipulasi lalu lintas melewati itu .

Web application firewall: Firewall aplikasi web adalah alat hardware server plug-in , atau saringan perangkat lunak lain yang akan menerapkan serangkaian aturan untuk percakapan HTTP . Aturan semacam itu umumnya disesuaikan untuk aplikasi sehingga banyak serangan dapat diidentifikasi dan diblokir .

 

Dalam prakteknya , banyak firewall menggunakan dua atau lebih teknik ini. Pada Windows dan Mac OS X , firewall dibangun ke dalam sistem operasi.

Paket firewall pihak ketiga juga ada , seperti Zone Alarm , Norton Personal Firewall , Tiny , Black Ice Perlindungan , dan McAfee Personal Firewall . Banyak dari ini menawarkan versi gratis atau uji coba versi komersial mereka .

Selain itu, banyak rumah dan kantor kecil broadband router memiliki kemampuan firewall dasar built in ini cenderung hanya  port sederhana / protokol filter , meskipun model dengan banyak kontrol yang lebih baik tersedia .

Demikian pembahasan mengenai pengertian firewall, fungsi firewall dan jenis firewall, semoga bermanfaat.

 

Artikel Terkait Lainnya:

Pengertian Video HD dan Full HD 1080p
Yang perlu diketahui Tentang Server Proxy
BlackBerry Gandeng Evercoss untuk Memperkuat Posisi di Indonesia

Leave a Comments

error: Content is protected !!