Neverquest, Virus Trojan Baru Yang Bisa Menguras Uang Rekening Secara Online

Neverquest – Hati-hati bagi para pengguna yang sering bertransaksi via online. Baru-baru ini dikabarkan terdapat Virus Trojan baru yang akan menyebar cepat dalam beberapa bulan kedepan ini. Neverquest, demikian virus ini disebut.  Virus ini dikabarkan bisa menarik habis rekening pengguna secaraonline.

Diketahui bahwa virus ini berasal dari suatu kelompok penjahat cyber  Rusia yang berhasil menciptakan virus komputer cukup canggih dan dapat menguras uang di setiap rekening seluruh bank yang ada di dunia.

Neverquest adalah MALWARE yang dirancang untuk mencuri kredensial keuangan melalui aplikasi atau situs web, PC dan smartphone. Mirip dengan malware keuangan lainnya, Neverquest memiliki kemampuan untuk mengubah isi di dalam situs Internet Explorer atau Firefox.

Neverquest Malware Trojan

Neverquest Malware Trojan

Berbagai tipuan digunakan untuk mendapatkan username dan password online banking pengguna. Setelah itu, Neverquest Trojan akan mengakses akun pengguna dan mengeruk uang yang ada di rekening pengguna hingga habis tak tersisa.

Seperti yang dilansir dari Daily Mail, para ahli sistem keamanan pun memberi peringatan bahwa software antivirus biasa tak akan mampu melindungi komputer seseorang dari serangan Neverquest Trojan karena sudah dibekali dengan ribuan cara untuk menjebol komputer target, atau komputer perusahaan bank-bank besar dunia

Infeksi Neverquest ditemukan di seluruh dunia, dengan beberapa ribu percobaan yang terekam pada pertengahan November. Sergey Golovanov, peneliti malware di laboratorium Kaspersky, menulis di Blog Post, “Ancaman ini relatif baru dan cybercriminals masih belum menggunakannya dalam kapasitas penuh. Dengan kemampuan self-Replication jumlah pengguna yang diserang bisa meningkat dalam waktu singkat.”

Setidaknya, sudah ada 28 situs besar yang terinfeksi virus Neverquest dan siap untuk menyerang siapa saja yang mengunjungi situs tersebut. Sayangnya pihak Kaspersky tak mau mengungkap situs mana saja yang sudah terinfeksi. Namun paling tidak, situs tersebut berpusat di negara Jerman, Italia, Turki, India, dan berbagai situs pembayaran online.

Virus Neverquest pun juga sudah pintar dalam memainkan uang. Ia tak hanya bisa mencuri uang dengan mentransfernya ke rekening sang hacker, tapi juga menggunakan uang tersebut untuk bermain di pasar saham. “Neverquest tak hanya bisa menyedot uang dengan mentransfernya ke rekening hacker, tapi juga bisa menggunakan uang korban untuk berpartisipasi di pasar saham,” jelas Kaspersky.

Virus membahayakan ini akan dengan cepat menginfeksi komputer seseorang ketika pengguna meng-klik tautan yang ada pada situs berbahaya atau yang sudah terinfeksi. Neverquest memiliki kode pemrograman yang sudah didesain khusus untuk menjebol komputer dengan mudahnya.

BlackBerry Gandeng Evercoss untuk Memperkuat Posisi di Indonesia
Pengertian Firewall

Leave a Comments

error: Content is protected !!