Microsoft Memperingatkan Akan Kerentanan Keamanan Untuk Windows Vista dan Lync

Baru-baru ini perusahaan besar dunia Microsoft memberikan warning security untuk beberapa produk Microsoft. Deteksi kerentanan terhadap keamanan ini ada pada beberapa produk Microsoft seperti pada sistem operasi Windows Vista dan juga Windows Server 2008, serta produk lainnya yaitu Lync dan Microsoft Office 2003-2010.

Modus untuk kerentanan keamanan ini yaitu para hacker akan mengirimkan suatu link pada email ataupun situs kepada para user. Kebanyakan mereka yang tidak curiga akan mengklik dan melihat dokumen word atau halaman situs, dan jika mereka membuka file atau link tersebut para hacker akan dengan leluasa mengambil alih kontrol admin atas perangkat para user secara remote.

Sebelum para pengguna di bajak, pengguna akan terlebih dahulu mengklik link tersebut. Perangkap biasanya berupa sebuah file gambar berekstension TIFF yang telah rusak. Hal ini memungkinan para hacker masuk ke perangkat user. Jika link tersebut dibuka, dokumen akan mengeksekusi dan mengambil alih kontrol admin. Hacker dengan leluasa akan melakukan apapun pada sistem yang telah di hack.

microsoft

microsoft

Microsoft memberikan saran kepada pelanggannya untuk melakukan setting dan menjalankan Microsoft Fix “disable the Tiff Codec” dan juga menerapkan “ Enhanced Mitigation Experience Toolkit (EMET)” ini merupakan solusi sementara. Saat ini Microsoft sedang terus melakukan pembaruan keamanan pada update setiap bulannya.

Dibalik semua itu, ada kabar baik juga buat para pelanggan, dimana untuk versi Windows 7 dan Windows 8 serta Microsoft Office 365 tidak akan terpengaruh terhadap masalah ini. Di lain pihak, Microsoft terus mengingatkan kepada para pelanggannya untuk selalu meng update semua software penting, mengatifkan firewall dan selalu menginstal anti spyware dan anti virus.

Pesan terakhir dari Microsoft, selalu berhati-hatilah jika mengunjungi suatu situs web. Dan hindarilah meng klik suatu link yang dirasa mencurigakan atau berhati-hati dalam membuka email dari pengirim yang tidak dikenal.

Microsoft Membangun Cybercrime Center
Tablet Windows 8.1 dari Lenovo

Leave a Comments

error: Content is protected !!