Harapan Baru BlackBerry dengan CEO Baru

CEO Baru BlackBerry John Chen menyebutkan bahwa BlackBerry tidak akan menyerah untuk berjuang meraih pangsa pasar smartphone. John Chen juga menyebutkan bahwa BlackBerry masih mempunyai cukup banyak bahan dasar untuk membangun bisnis dalam jangka waktu yang panjang. Saya sendiri pernah menangani hal serupa sebelumnya, ujar Chen.

Sebagai CEO baru, John Chen sebelumnya telah bekerja sebagai eksekutif selama bertahun-tahun. Namun yang paling berkesan adalah ketika dia menjabat sebagai CEO perusahaan enterprise yang membuat penyimpanan data yang berbasis piranti lunak, Sybase. Ketika itu di tahun 90 an perusahaan tersebut sedang mengalami kejatuhan. Berdasarkan laporan Bloomberg Businessweek tahun lalu, asset Sybase sedemikian buruk, yang akhirnya membuat salah satu perusahaan riset terkenal menyatakan bahwa akan kemungkinan kegagalan perusahaan 70 persen, waktu itu Chen baru saja masuk di tahun 1998. Waktu itu asset perusahaan hanya bernilai USD 362 juta. Setelah 13 tahun dipimpin Chen, perusahaan Sybase assetnya melejit menjadi USD 5,8 milliar.

John Chen saat ini sebagai CEO sementara untuk menggantikan Thorsten Heins. Tidak hanya itu, John Chen juga menduduki kursi executive chairman BlackBerry bersama petinggi-petinggi BlackBerry lainnya.

John Chen CEO Baru BlackBerry

John Chen CEO Baru BlackBerry

Produk BlackBerry 10 merupakan tanggung jawab Thorsten Heins, insinyur yang berasal dari Jerman, setelah dia menduduki sebagai CEO BlackBerry pada Januari 2012 menggantkan Mike Lazaridis dan Jim Balsille.

Sebelumnya BlackBerry pernah merajai pangsa pasar smarphone, lebih dari separuh pasar Amerika. Tragisnya, sekarang hanya menguasai tidak lebih 1% pasar smartphone di seluruh dunia periode Juli sampai September tahun ini.

Sebuah perusahaan Strategic Analytics mengeluarkan data terakhir, sejumlah piranti smartphone yang menggunakan OS Android milik Google, menguasai lebih dari 81% pasar smartphone yang terjual di seluruh dunia.  Sudah lebih dari 200 juta smartphone telah terjual pada kwartal ketiga tahun ini. Apple sendiri menguasai hampir 13% pangsa pasar, sedangkan Microsoft 4 %.

John Chen sebagai CEO baru diharapkan dapat membawa angin segar untuk BlackBerry dan dapat meramaikan lagi persaingan diantara produk smarphone.

BlackBerry gandeng Evercoss
BBM resmi dirilis untuk Android dan iPhone
G Flex produk smartphone melengkung dari LG

Leave a Comments

error: Content is protected !!