Apa itu IP Camera?

Apa itu IP Camera? – Kita pasti sering mendengar istilah IP Camera. Pengertian dari IP Camera sendiri adalah camera dimana dalam pengiriman control signal dan data image menggunakan IP (Internet Protokol). Melalui koneksi Ethernet, Data dikirim dalam bentuk format digital.

Sering kita temukan beberapa IP Camera terhubung dengan DVR (Digital Video Recorder) atau NVR (Network Video Recorder). Hal ini akan sering kita temui dalam penggunaan video security atau untuk surveillance dengan tujuan membantu keamanan. Apabila alat tersebut dikoneksikan ke jaringan komputer, maka video yang dihasilkan akan bisa dikendalikan dan dilihat dari tempat dimana saja kita berada di seluruh dunia. Kita dapat mengakses IP Camera dengan menggunakan Web Browser. Masing-masing IP camera yang tergabung dalam jaringan, masing-masing mempunyai alamatunik network, dimana fungsi dari masing-masing IP Camera adalah sebagai video server. Menurut jenis kameranya, ada berbagai macam jenis protokol, termasuk HTTP dan TCP/IP. Nama lain dari IP Camera adalah IP Network Camera. Kualitas gambar IP Camera lebih bagus dari pada camera analog, dan alat ini dapat di install secara group maupun individu.

Kebanyakan untuk kebutuhan Surveillance  atau video security yang di lakukan pada Closed Circuit Television (CCTV), adalah dengan menggunakan camera analog dan VCR atau Video Cassette Recorders serta kabel coaxial. Saat sensor dengan menggunakan CCD (Charged Coupled Device) masuk, hal ini dimungkinkan untuk meng upload gambar dengan format digital. Namun walaupun sepertinya hal tersebut membawa industri video security ke masa generasi digital, tetapi gambar yang di upload tetap saja menggunakan kabel analog ke VCR.

IP Camera

IP Camera

Saat DVR (Digital Video Recorder) mulai diperkenalkan, Camera Analog dapat menghubungkan langsung ke DVR, sehingga proses pengambilan gambar video, penyimpanan dan pencarian dapat lebih cepat.

Fixed Dome, Fixed body dan PTZ Camera merupakan tipe-tipe IP Camera yang paling banyak kita temukan di pasaran. Fixed Body merupakan kamera yang ditutup dengan menggunakan penutup berbentuk kotak panjang. Arah yang sedang dimonitor oleh camera tipe ini dapat terlihat dengan jelas. Lain halnya dengan Fixed Dome, yang biasanya dilapisi dengan penutup semacam kubah. Untuk menebak kearah mana camera ini sedang monitor sangatlah sulit. Sedangkan PTZ merupakan jenis kamera yang bisa bergerak ke atas, ke bawah, ke samping, serta memperbesar object. Biasanya Camera jenis ini dipergunakan untuk pemantauan langsung.

 

IP Surveillance Network

 

 

Artikel terkait lainnya :

Ruangan Video Conference
Software Video Conference
BlackBerry gandeng Evercoss

Incoming search terms:

  • pengertian ip camera
  • bedanya aspek fix sama ptz
  • yang dimaksud fixed ip camera

Leave a Comments

error: Content is protected !!